Sejarah Tentang Merajut

Merajut telah menjadi suatu bentuk aktivitas yang dilakukan yang kemudian dapat menghasilkan suatu kerajinan dalam berbagai bentuk seperti tas, aksesoris, baju, serta produk lainnya. Dengan merajut kita bisa mendapatkan kepuasan tersendiri jika bisa menghasilkan suatu produk rajutan dengan beragam bentuk. Perlu diketahui bahwa rajutan terdiri dari 2 jenis yaitu rajutan tangan dan rajutan mesin.

Keduanya tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing dan mempunyai beberapa yang menjadikannya berbeda. Nah pernahkah anda memikirkan dari mana asal merajut tersebut? Jika anda penasaran maka simak informasi seputar sejarah merajut berikut ini.

Merajut berbeda dengan menyulam atau menenun. Merajut merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan sehelai benang dan jarum rajut sehingga menghasilkan sebuah produk rajutan. Sejarah merajut itu sendiri masih menjadi misteri yang belum bisa dipecahkan sehingga belum jelas asal muasal merajut tersebut. Namun ada beberapa teori yang menjelaskan tentang merajut. Salah satu teori menyebutkan bahwa merajut berasal dari Arab Saudi yang kemudian menyebar melalui jalur perdangan akhirnya merajut sampai pada kawasan Mediterania.

Ada pula yang mengatakan bahwa Amerika Selatan adalah tempat asal mula merajut dengan sejumlah penemuan seperti hasil rajutan yang telah dipakai oleh suku primitif di daerah tersebut. Dengan bukti penemuan tersebut maka menghasilkan sebuah pemikiran bahwa suku tersebut mempunyai aktivitas merajut untuk menghasilkan suatu produk berupa rajutan yang dijadikan sebagai perhiasan yang dipakai mereka.

Tak hanya itu, ada pula yang menyebutkan merajut asalnya dari China yang dibuktikan dengan penemuan boneka rajut sehingga muncul pemikiran bahwa merajut telah dilakukan sejak lama di China dan menjadi tempat asal merajut yang hingga saat ini telah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Nah sebelumnya juga merajut telah dikenal di Eropa sejak abad ke-18.

Dengan sekilas informasi mengenai sejarah merajut anda kini telah menambah wawasan untuk lebih mengetahui merajut. Anda kini tak hanya merajut sendiri dan menggunakan produk rajut, namun anda juga mengetahui tentang sejarah merajut.

Leave a Reply